Latar belakang masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas III SDN 2 Gunung Tiga pada kompetensii dasar melakukan perkalian yang hasilnya tiga, angka menunjukkan hasil yang kurang maksimal, dari jumlah siswa 15 orang hanya 5 siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan sisanya sebanyak 10 siswa belum memenuhi kriteria ketuntasam minimal. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dasar dengan penggunaan media pembelajaran jarimatika dan metode drill di siswa kelas III SD Negeri 2 gunung Tiga. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan 2 siklus. Pada siklus 1 terdapat kekurangan dalam penggunaan metode jarimatika yang diperbaiki pada siklus 2 sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Melalui dengan penggunaan media pembelajaran jarimatika dan metode drill siswa menjadi aktif dan interaktif sehingga kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Hal ini terlihat data hasil belajar siswa yang diperoleh pada prasiklus mencapai tingkat ketuntasan 33% kemudian pada siklus I mencapai Tingkat ketuntasan yaitu 57% dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa mencapa 24% kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 93,3% sehingga selisih hasil belajar siswa dengan siklus I mencapai 36.3%Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan penggunaan media pembelajaran jarimatika dan metode drill diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dasar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Gunung Tiga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024