Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis
Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JIKABI) - NOVEMBER

Pemasaran di Era Digital: Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pesenjama Coffee Medan

Maulana, Agung (Unknown)
Lubis, Adelina (Unknown)
Effendi, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media marketing dan word of mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni 300 pelanggan Pesenjama Coffe. Penelitian ini menggunakan sebanyak 75 responden, dengan menggunakan rumus slovin sebagai teknik pengambilan sampelnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (   ) dengan   ,menggunakan software SPSS (Statistic Product and Service Solution). Data penelitian bersumber dari data primer dan diambil dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen yaitu social media marketing dan word of mouth terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Variabel social media marketing diperoleh thitung (3,926) ttabel (1,669) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 dan untuk variabel word of mouth diperoleh thitung (13,316) ttabel (1,669) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 0,05. Sehingga dapat disimpulkan social media marketing dan word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Pesenjama Coffe. Dan uji F diperoleh dengan nilai fhitung ftabel (3,852 3,12) dengan probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel social media marketing (X1) dan word of mouth (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikabi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JIKABI) is focuses on the publication of the results of scientific research related to fields. This article is published in the internal and external academic community of the University of Medan Area (UMA), especially in the field of Accounting and ...