Bibit tanaman merupakan produk agrikultur andalan dari Desa Sananrejo sehingga desa ini dikenal sebagai pusat pembibit di wilayah Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Di era digitalisasi penggunaan e-commerce menjadi hal yang tidak bisa dihindari termasuk dalam bidang pertanian. Namun ditemukan permasalahan bawah media online e-commerce saat ini yang masih kurang sesuai dengan konteks produk pertanian salah satunya bibit tanaman. Hal ini menimbulkan ketidak nyaman pembeli dalam membeli produk yang dimaksud. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan perancangan user experience aplikasi e-commerce bibit tanaman berbasis mobile menggunakan Design Thinking. Dipilihnya metode Design Thinking ini dikarenakan metode ini memiliki fleksibilitas dalam menyelesaikan masalah. Design thinking memiliki lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir dari penelitian ini berupa high-fifelity prototype yang diuji menggunakan usability testing dan user experience User Experience Questionnaire (UEQ). Pada pengujian usability diperoleh nilai sebesar 87,5% pada aspek efektivitas, 82,41% pada aspek efisiensi, dan 82,1% aspek kepuasan pengguna.. Dan pada pengujian user experience questionnaire diperoleh hasil excellent pada setiap aspek dengan perolehan nilai sebesar 2,28 poin pada aspek attractiveness, 2,33 poin pada aspek perspicuity, 2,38 poin pada aspek efficiency, 2,04 poin pada aspek dependabililty, 2,46 poin pada aspek stimulation, dan 1,92 poin pada aspek novelty.
Copyrights © 2023