Penelitian ini berfokus pada implementasi chatbot Frequently Asked Question (FAQ) Universitas Brawijaya berbasis voice command pada Raspberry Pi 4 dengan metode Naïve Bayes. Mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan di lingkungan universitas, terutama karena keterbatasan waktu, jumlah staf akademik, dan akses lokasi. Dalam mengatasi masalah tersebut, penelitian ini membangun sebuah chatbot yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan respons cepat dan efisien terhadap pertanyaan mahasiswa. Penelitian ini memanfaatkan Pytorch sebagai framework untuk membuat model chatbot, dengan data FAQ dari Universitas Brawijaya yang diproses menggunakan Natural Language Processing (NLP) dan metode Naïve Bayes untuk meningkatkan akurasi respons chatbot. Selanjutnya, model chatbot diimplementasikan pada Raspberry Pi 4 dan dilengkapi dengan kemampuan voice command menggunakan PyAudio, SpeechRecognition, dan Google Text-to-Speech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini memiliki nilai Word Error Rate (WER) sebesar 14.26. Selain itu, nilai akurasi, presisi, recall, dan F1-score dari sistem chatbot berbasis perintah suara menggunakan metode Naïve Bayes adalah 0.733, 0.707, 1, dan 0.828 secara berturut-turut.
Copyrights © 2023