Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 2 (2024): Februari 2024

Pengembangan Aplikasi Mobile dan Internet of Things dalam Peminjaman Ruangan Gedung Kreativitas Mahasiswa 4.1 dan 4.2 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Tjandra, Jahzeiah Paskah (Unknown)
Farisi, Hariz (Unknown)
Akbar, Muhammad Aminul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Gedung Kreativitas Mahasiswa merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh kampus Universitas Brawijaya, terutama Fakultas Ilmu Komputer untuk memberikan gedung dalam rangka mengakomodasi kegiatan mahasiswa. Dengan adanya gedung ini tentunya perlu adanya alur peminjaman yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa maupun dosen. Terutama untuk fasilitas GKM, terutama aula lantai 4.1 dan 4.2, terdapat peraturan yang harus dipatuhi untuk dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak Fakultas Ilmu Komputer. Hingga saat penelitian ini dibuat, peraturan peminjaman masih dilakukan secara manual menggunakan surat peminjaman dengan proses yang cukup panjang dan lama. Dibutuhkan kurang lebih 1 jam 40 menit hingga sebuah peminjaman dapat diselesaikan. Terdapat solusi yang ditawarkan oleh penulis dengan memanfaatkan teknologi Jetpack Compose dengan IOT untuk mengembangkan aplikasi mobile yang terintegrasi dengan IOT untuk membantu penyederhanaan alur peminjaman GKM. Waterfall merupakan metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini mulai dari tahap analisis hingga kesimpulan. Hasil implementasi berupa aplikasi yang dapat menangani beberapa bagian dari proses peminjaman gkm. Fitur utama dari aplikasi ini adalah melihat seluruh daftar peminjaman, melihat detail peminjaman, melakukan update status peminjaman, membuka dan mengunci ruangan dan melakukan filter dari seluruh daftar peminjaman. Dilakukan pengujian untuk dapat melihat dampak dari aplikasi dan berhasil memperoleh hasil valid dari semua kebutuhan fungsional pada pengujian. Pada pengujian usabilitas, aplikasi berhasil memperoleh skor rata-rata 77 menggunakan metode system usability scale. Skor ini dalam dikategorikan acceptable pada acceptability range, dengan tingkat B pada grade scale, dan rating good pada adjective rating. Dalam pengujian efisiensi aplikasi 50 kali lebih cepat dibandingkan sistem lama, dimana membutuhkan rata-rata waktu 54 detik dibanding 26 menit 52 detik untuk sistem lama. Dalam pengujian latensi aplikasi mendapatkan kecepatan 480,1 ms untuk kecepatan respons aplikasinya. Hasil latensi ini memberikan respons yang cukup dimana dibawah 500 ms.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...