Pada kehidupan saat ini kecanggihan pasar menyebabkan ketatnya persaingan antar sektor usaha yang ada, salah satunya restoran. Pengujung yang ingin mengunjungi suatu restoran akan mempertimbangkan restoran yang akan dikunjunginya dengan cara melihat dari ulasan yang diberikan oleh pengunjung sebelumnya, baik itu positif maupun negatif terkait pengalaman selama mengunjungi restoran tersebut. Pada ulasan restoran dapat mencakup banyak aspek yang berbeda. Deteksi kategori aspek dapat dilakukan untuk mengekstraksi aspek dalam ulasan. Data penelitian ini merupakan data ulasan restoran dari SemEval-2016 yang berjumlah 2000 data. Untuk menemukan aspek-aspek yang terdapat pada ulasan restoran tersebut, dilakukan text preprocessing dan pembobotan kata, selanjutnya menggunakan strategi one-againts-all pada proses klasifikasi aspek dengan metode Support Vector Machine. Hasil evaluasi dari penelitian ini mendapatkan confusion matrix untuk klasifikasi aspek menunjukkan nilai precision sebesar 0,37, recall sebesar 0,27, dan F-measure sebesar 0,27.
Copyrights © 2024