Dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin tinggi di dunia bisnis, perusahaan dituntut untuk memiliki karyawan berkompetensi tinggi. Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, Telkom Indonesia memiliki komitmen untuk meningkatkan daya saingnya melalui pengelolaan sumber daya manusia yang efektif. Penelitian ini fokus pada perbaikan Talent Management System (TMS) yang dikembangkan oleh Human Capital Communication & Employer Branding (HCCOM) pada tahun 2022. TMS, yang berfungsi untuk mengelola data peserta, program, dan mitra, mengalami kendala dalam pengumpulan, pelacakan, dan penampilan data. Permasalahan ini menimbulkan hambatan dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Goal-Directed Design (GDD) untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, merancang interaksi TMS yang baru, dan mengukur efektivitas, efisiensi, serta kepuasan pengguna melalui usability testing. Evaluasi terhadap prototipe berfidelitas tinggi yang sudah dibuat dilakukan kepada stakeholder yang sekaligus sebagai pengguna TM. Hasilnya menunjukkan tingkat keberhasilan yang signifikan, dengan skor efektivitas 97,77%, efisiensi 90,15%, dan kepuasan pengguna yang dinilai sebagai excellent. Dengan masukan dari pengguna, iterasi desain dilakukan untuk memperbaiki solusi yang diusulkan, sehingga menghasilkan interaksi TMS yang lebih efektif, efisien, dan memuaskan. Implementasi desain baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung Telkom dalam merekrut dan mengelola karyawan berkompetensi tinggi guna menjaga daya saing perusahaan.
Copyrights © 2024