Admin berperan penting dalam memanajemen bootcamp pada LMS PT XYZ. Namun, saat ini LMS PT XYZ belum menyediakan salah satu komponen penting pada bootcamp yaitu pengolahan rubrik penilaian yang sesuai. Hal ini juga menyebabkan student bootcamp tidak bisa melihat nilai akhir yang sesuai pada LMS. Dari permasalahan tersebut, peneliti kemudian melakukan analisis untuk dapat memperbaiki usability pada LMS menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Pengujian dilakukan kepada 15 responden dari tiga kelompok pengguna yang terdiri dari kelompok pengguna Class Manager, Learning Design, dan Talent Support. Pengujian kemudian dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada desain yang ada saat ini dan rancangan desain solusi dengan menggunakan metode usability testing yang mengukur aspek efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna. Dalam mengukur aspek kepuasan pengguna, peneliti menggunakan USE kuesioner. Adapun peningkatan nilai usability pada aspek efektivitas dari 94,82% menjadi 100%, aspek efisiensi dari 0,0969 goal/s menjadi 0,1839 goal/s, dan aspek kepuasan pengguna dari 59,10% menjadi 94,37%. Pada hasil pengujian statistik, aspek efektivitas dan efisiensi menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum atau sesudah evaluasi usability yang dilakukan. Sedangkan pada aspek usefulness, ease of use, ease of learn, dan satisfaction terdapat perbedaan yang signifikan antara evaluasi awal dan desain solusi.
Copyrights © 2024