PT.XYZ adalah perusahaan yang bergerak di sektor logistik komoditas ekspor impor. Pelanggan yang ingin mengirimkan barangnya melalui PT.XYZ sering menghubungi perusahaan dengan menggunakan WhatsApp. Pada prosesnya, kesalahan informasi sering terjadi yang diakibatkan oleh pelanggan dan karyawan PT. XYZ, seperti dimensi barang yang dicatat pada spreadsheet pemesanan barang berbeda saat awal pelanggan menghubungi perusahaan dengan saat pengiriman barang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena informasi yang tidak akurat, keterlambatan dalam komunikasi, dan praktik perilaku bisnis yang tidak efisien antara berbagai entitas dalam rantai pasokan. Untuk itu, analisis dan perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) Framework dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan mengurangi tingkat kesalahan informasi. Selain itu, penelitian ini mengembangkan sebuah sistem automatisasi agar pesan customer dari WhatsApp langsung masuk ke spreadsheet pemesanan barang. Proses bisnis usulan menghasilkan peningkatan waktu pada proses bisnis pemesanan pengiriman barang sebesar 53,65% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis pricing sebesar 62,23% dari awalnya 930 menit menjadi 431,36 menit, proses bisnis perencanaan pengiriman barang sebesar 70,44%, dan proses input data sebesar 52%.
Copyrights © 2024