Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 2 (2024): Februari 2024

Evaluasi Antarmuka Pengguna Media Pembelajaran Digital Pemrograman Dasar LetsCode dengan Metode Usability Testing dan Cognitive Walkthrough

Ubaydillah, Achmad Afif (Unknown)
Az-Zahra, Hanifah Muslimah (Unknown)
Bachtiar, Fitra Abdurrachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya memanfaatkan website sebagai media pembelajaran pada praktikum Kuliah Pemrograman Dasar. Tetapi, website yang digunakan saat ini hanya bisa berkomunikasi secara 1 arah antara pengguna. Oleh karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mengembangkan media pembelajaran digital LetsCode dengan menerapkan metode pair programming guna meningkatkan pemahaman serta kemampuan problem solving dan melatih komunikasi peserta didik secara kolaboratif. Namun, terdapat pengguna yang kesulitan untuk mengoperasikan media pembelajaran LetsCode dikarenakan latar belakang pengetahuan dan wawasan pengguna mengenai website media pembelajaran. Dengan itu, pengguna belum bisa beradaptasi dengan media pembelajaran website yang tergolong baru bagi peserta didik. Oleh sebab itu, dilakukan evaluasi antarmuka untuk mengetahui seberapa mudah sistem digunakan oleh pengguna. Menggunakan metode Usability Testing untuk mengetahui Efficiency, Effectiveness, dan Satisfaction serta menggunakan metode Cognitive Walkthrough untuk mengetahui Learnability bersama usability experts. Evaluasi dilakukan dengan pengujian task scenario, wawancara, dan memberikan kuesioner kepada responden. Didapatkan nilai untuk kriteria Efficiency timed-based efficiency bahwa responden dapat menyelesaikan 0.012 tugas dalam 1 detik dan overall relative efficiency memiliki rata-rata nilai 90%. Nilai aspek Effectiveness dengan success rate memiliki nilai 89,46% dan error rate memiliki nilai 7%. Satisfaction mendapatkan 75,6. Serta 15 permasalahan beserta rekomendasi perbaikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...