Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya memanfaatkan website sebagai media pembelajaran pada praktikum Kuliah Pemrograman Dasar. Tetapi, website yang digunakan saat ini hanya bisa berkomunikasi secara 1 arah antara pengguna. Oleh karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mengembangkan media pembelajaran digital LetsCode dengan menerapkan metode pair programming guna meningkatkan pemahaman serta kemampuan problem solving dan melatih komunikasi peserta didik secara kolaboratif. Namun, terdapat pengguna yang kesulitan untuk mengoperasikan media pembelajaran LetsCode dikarenakan latar belakang pengetahuan dan wawasan pengguna mengenai website media pembelajaran. Dengan itu, pengguna belum bisa beradaptasi dengan media pembelajaran website yang tergolong baru bagi peserta didik. Oleh sebab itu, dilakukan evaluasi antarmuka untuk mengetahui seberapa mudah sistem digunakan oleh pengguna. Menggunakan metode Usability Testing untuk mengetahui Efficiency, Effectiveness, dan Satisfaction serta menggunakan metode Cognitive Walkthrough untuk mengetahui Learnability bersama usability experts. Evaluasi dilakukan dengan pengujian task scenario, wawancara, dan memberikan kuesioner kepada responden. Didapatkan nilai untuk kriteria Efficiency timed-based efficiency bahwa responden dapat menyelesaikan 0.012 tugas dalam 1 detik dan overall relative efficiency memiliki rata-rata nilai 90%. Nilai aspek Effectiveness dengan success rate memiliki nilai 89,46% dan error rate memiliki nilai 7%. Satisfaction mendapatkan 75,6. Serta 15 permasalahan beserta rekomendasi perbaikan.
Copyrights © 2024