Salah satu media sosial yang dapat membantu individu membangun jaringan profesional, mencari peluang karir, dan berbagi pengetahuan adalah LinkedIn. Terdapat penelitian terdahulu yang melakukan pengujian usability pada situs LinkedIn, tidak sampai membahas tentang usability testing untuk desain perbaikannya sehingga tidak tahu apakah perbaikan tersebut efektif bagi pengguna. Selain itu, tampilan desain situs LinkedIn yang sekarang masih sama seperti tampilan desain ketika peneliti terdahulu tersebut melakukan penelitian sehingga perlu ditinjau kembali mengenai permasalahan yang ada pada situs LinkedIn. Dalam penelitian ini terdapat dua tahap evaluasi yaitu evaluasi existing dengan heuristik dan evaluasi lanjut dengan usability testing. Evaluasi heuristik yang dilakukan oleh tiga evaluator menghasilkan 17 permasalahan. Adapun rancangan desain perbaikan yang dibuat berdasarkan usulan perbaikan evaluator dari permasalahan tersebut. Setelah membuat rancangan desain perbaikan, terdapat evaluasi lanjut dimana melakukan usability testing sebanyak dua kali yaitu pengujian untuk desain lama dan desain perbaikan. Hasil dari usability testing menunjukkan adanya peningkatan pada desain perbaikan yang mencakup aspek learnability, efficiency, dan satisfaction. Aspek learnability mengalami peningkatan sebesar 0,25 kali lebih mudah dibandingkan desain lama, aspek efficiency mengalami peningkatan sebesar 58% lebih cepat dibandingkan desain lama, dan aspek satisfaction mengalami peningkatan sebesar 92,22% lebih puas menggunakan desain perbaikan daripada desain lama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024