Aplikasi Mobile JKN dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk membantu peserta mengakses berbagai layanan kesehatan yang mereka butuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui variabel yang memengaruhi tingkat keberhasilan aplikasi Mobile JKN, variabel apa yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna, dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis data. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model Delone & Mclean. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sudah terbukti valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan sampel yang terdiri dari 176 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh dan ditabulasikan akan di analisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna memberikan pengaruh signifikan sebesar 57,6% pada manfaat bersih, sementara kualitas informasi tidak memiliki hubungan signifikan dengan penggunaan. Variabel penggunaan menjadi variabel yang hubungan paling kuat dan signifikan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan masukan bagi pihak BPJS Kesehatan untuk meningkatkan performa dan kegunaan dari aplikasi Mobile JKN agar pelayanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien.
Copyrights © 2024