CV Haksama Multiversa adalah perusahaan distributor offline produk herbal. CV Haksama Multiversa menerapkan sistem penjualan langsung dan pre-order, dengan target pasar adalah pelaku bisnis lain. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini adalah, perusahaan kesulitan untuk menambah volume pasar, mempertahankan pelanggan yang ada, serta nilai pelanggan yang masih rendah. Serta belum memiliki informasi dalam mengidentifikasi pelanggan yang berpotensi. Segmentasi pelanggan merupakan solusi untuk permasalah tersebut. Segmentasi akan dilakukan menggunakan metode clustering K-Means dengan Model LRFM pada data transaksi penjualan CV Haksama Multiversa dengan rentang waktu tiga tahun. Dalam melakukan analisis segmentasi pelanggan digunakan metodologi penelitian yaitu, pemahaman bisnis dan identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, preprocessing data, modeling LRFM, Clustering dengan K-Measn, Uji Validitas Clustering, Analisis Cluster, 4. Konfirmasi dan Analisis Strategi Marketing. Dari hasil clustering diperoleh 3 cluster, dengan presentase cluster 0 sebanyak 47%, cluster 1 sebanyak 15%, dan cluster 2 sebanyak 38%. dengan nilai silhouette score 0.532. Tiga cluster tersebut mewakili tiga kelompok pelanggan berbeda, yaitu core customer, new customer, dan consuming resource customer. Dari ketiga profil yang dihasilkan tersebut dapat disusun rekomendasi strategi marketing yang berbeda untuk setiap kelompoknya.
Copyrights © 2024