Industri jasa dalam penyediaan layanan dan produk untuk hewan peliharaan di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan. Dalam persaingan bisnis yang kompetitif, pengelolaan organisasi dan operasional yang efektif menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan di sektor ini. Namun, untuk meraih kunci keberhasilan itu ada banyak tantangan. Hal ini yang menjadi fokus penelitian yang dilakukan di Orino Pet Shop. Orino Pet Shop merupakan sebuah toko hewan peliharaan yang menyediakan layanan kesehatan untuk kucing dan juga kebutuhan untuk hewan peliharaan lainnya yang berlokasi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi proses bisnis pada penjadwalan cat hotel dan grooming di Orino Pet Shop. Untuk melakukan perbaikan proses bisnisnya, dilakukan pemodelan untuk memahami alur proses penjadwalan dan mengetahui waktu terjadinya hambatan. Selanjutnya, untuk metode perbaikan proses bisnisnya, penelitian ini menggunakan metodologi Lean Six Sigma dan DMAIC sebagai penerapannya. Hasil penelitian ini berupa rancangan alur proses bisnis usulan yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh Orino Pet Shop. Berdasarkan analisis waktu dari Bizagi, proses bisnis usulan (To-Be) lebih efisien dengan persentase 79,7% atau lebih cepat 16 menit 5 detik dari proses bisnis (As-Is) untuk aktor penjaga tokonya.
Copyrights © 2024