Layanan belanja interaktif online khususnya live streaming e-commerce, telah muncul sebagai tren yang berkembang pesat dengan popularitas yang meluas di seluruh dunia. Live streaming di Shopee oleh para influencer telah terbukti menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan di Indonesia dan berhasil menjual ribuan produk dalam sesi live mereka. Penelitian ini mengadopsi kerangka kerja SOR (Stimulus, Organism, Response) yang menjelaskan bagaimana lingkungan eksternal dapat memengaruhi kondisi internal dan perilaku seseorang. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik non-probability sampling, dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 140 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa aktif angkatan 2019-2023 yang berdomisili di Pulau Jawa dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Hasil analisis menemukan bahwa keahlian (expertise) pada influencer dan layanan purna jual (post-sales service) berdampak signifikan pada kepercayaan (trust) konsumen. Disisi lain keahlian (expertise) dan jadwal live streaming (live streaming schedule) memiliki pengaruh yang signifikan pada impulsivitas (impulsiveness) konsumen. Kepercayaan (trust) dan impulsivitas (impulsiveness) merupakan dua variabel pemicu respon berupa minat pembelian (purchasing intention) di kalangan mahasiswa. Melalui analisis pengaruh live streaming Shopee oleh influencer terhadap minat beli konsumen di kalangan mahasiswa, penelitian ini membantu memahami peran strategi pemasaran baru dalam memengaruhi perilaku konsumen.
Copyrights © 2024