Pemasaran digital merupakan strategi yang efektif dan efisien dalam memasarkan dan menarik konsumen untuk mengenal produk dan jasa yang ditawarkan. Desa Makasili merupakan desa yang salah satu mata pencarian masyarakatnya adalah pengusaha gula aren. Masyarakat menjadikan gula aren sebagai sumber penghasilan, tetapi pendapatan dari penjualan gula aren masih pas-pasan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengoperasikan pemasaran digital dan meningkatkan kualitas produk gula aren untuk meningkatkan penghasilan mitra. Mitra kegiatan ini ialah dua pengusaha gula aren. Metode yang digunakan meliputi (1) sosialisasi dan (2) implementasi teknologi pemasaran digital dan pelatihan peningkatan kualitas produk. Berdasarkan analisis, keterampilan meningkatkan kualitas produk sebanyak 90%. Selanjutnya, setelah diberikan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan pemasaran digital, 95% berpendapat sangat terbantukan dengan adanya pemasaran digital. Pemberian pengetahuan tentang manajemen usaha diketahui mengalami peningkatan pengetahuan 100%. Setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan, penjualan gula aren mengalami peningkatan jumlah produksi, yaitu dari 24 kg menjadi 47 kg yang dikonversikan 95,83% dan mengalami peningkatan penghasilan sebesar 187,9% dengan harga awal jual Rp17.000,00 menjadi Rp25.000,00. Disimpulkan bahwa setelah mendapat pelatihan ditunjang dengan penjualan menggunakan pemasaran digital, telah terdapat peningkatan penghasilan.
Copyrights © 2023