Triadik
Vol. 22 No. 1: April 2023

Penggunaan Mozaik dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu

Sari, Liza Permata (Unknown)
Puspitasari, Eka (Unknown)
Suryadi, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Abstrak Perkembangan motorik halus menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini karena perkembangan motorik halus sangat dibutuhkan oleh anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Ada 4 alasan pentingnya pengembangan motorik halus pada anak yaitu sosial, akademis, pekerjaan dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia dini melalui mozaik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel penelitian yaitu anak kelas B1. Instrumen pengumpulan data pada yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan mozaik diberikan terjadi peningkatan pada kemampuan motorik halus anak Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi setiap pertemuan yang menunjukkan adanya peningkatan pada sertiap siklus dalam pengembangan motorik halus melalui mozaik. Pada siklus I pertemuan 1 didapatkan hasil 20% Pertemuan 2 siklus I memperoleh hasil 33% dan pada pertemuan 3 mendapatkan hasil 40%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 60%. Siklus II pertemuan 1 didapatkan hasil 73% dan pertemuan 3 mendapatkan hasil 87%. Berdasarkan data diaras dapat disimpulkan bahwa melalui mozaik dapat meningkatkan motorik halus anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

triadik

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and ...