Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa lebih baik pada materi Animalia dalam mata pelajaran Biologi. Penggunaan model PjBL dan pembelajaran literasi digital berbantuan flip HTML Abad-21, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa lebih baik. 31 siswa kelas X MIPA 3 di SMAN 9 Kota Bengkulu adalah subjek penelitian ini. Studi ini dilakukan dalam dua siklus. Perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi adalah langkah-langkah yang terdiri dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dapat diterapkan dalam pembelajaran literasi digital. Pada Siklus I, peserta didik mencapai hasil belajar IPA rata-rata 74,4 dan ketuntasan belajar 61%. Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 82,2 dan ketuntasan belajar klasikal 90%, dan peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 29%. ABSTRACT The purpose of this classroom action research was to find out whether student learning outcomes were better on Animalia material in Biology subject. By using the PjBL model and 21st Century Flip HTML digital literacy learning, this study aims to determine whether student learning outcomes are better. 31 students of class X MIPA 3 at SMAN 9 Bengkulu City were the subjects of this study. This study was conducted in two cycles. Planning, implementing actions, observing, and reflecting are the steps that each cycle consists of. The study results show that the PjBL model can be applied to digital literacy learning. In Cycle I, students achieved an average science learning result of 74.4 and 61% mastery. In Cycle II, the class average score was 82.2 the classical learning mastery was 90%, and the increase in learning outcomes from Cycle I to Cycle II was 29%. Keywords: Flip-HTML, Learning Outcomes, Digital Literacy, PjBL
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024