Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu pada materi Animalia tahun pelajaran 2022/2023, melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Subjek penilitian ini adalah adalah 36 siswa kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Intrumen Pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar Pengamatan dan Tes hasil Belajar. Teknik digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik analaisis data yang digunakan adalah analisis data hasil belajar (Kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus 1 lebih baik dibandingkan sebelum tindakan. Jika dibandingkan dengan Siklus I, peningkatan juga terjadi pada hasil belajar Siklus II. Dari Siklus I ke Siklus II penguasaan hasil belajar meningkat 61,11 % menjadi 83,33 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat lebih meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023, khususnya pada materi Animalia. ABSTRACT This research aims to improve the biology learning outcomes of the class. The subjects of this research were 36 students from class X MIPA F SMAN 2 Bengkulu City. The form of research carried out is Classroom Action Research (PTK), which has two cycles. The data collection instruments operated were observation sheets and learning results tests. The techniques used to collect data in this research are test and non-test. The data analysis technique used is learning outcomes data analysis (Quantitative). The research results showed that learning outcomes in cycle 1 were better than before the action. When compared with Cycle I, an increase also occurred in the learning outcomes of Cycle II. From Cycle I to Cycle II, mastery of learning outcomes increased from 61.11% to 83.33%. Based on the results of this research, it was concluded that the use of the Problem-Based Learning (PBL) model can further improve the Biology learning outcomes of class.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024