Triadik
Vol. 22 No. 2: Oktober 2023

Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VB SD Negeri 09 Kota Bengkulu

Agustin, Neli (Unknown)
Sari, Deyenti Permata (Unknown)
Muktadir, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA serta aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 59,2% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 14,5 dikategorikan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 81,4% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 19 dikategorikan aktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

triadik

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and ...