Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA serta aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 59,2% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 14,5 dikategorikan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 81,4% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 19 dikategorikan aktif.
Copyrights © 2023