Jurnal Ekobismen
Vol 4, No 2 (2024): Juni 2024

ANALISIS EKSPEKTASI PELANGGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI BERAS LOKAL PADA TOKO BERAS FAMILY

Rizki, M Juliandi (Unknown)
Zulfikar, Zulfikar (Unknown)
Umar, Nyak (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ekspektasi pelanggan dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen membeli beras lokal pada Toko Beras Family Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi   sebesar  65,0% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara factor ekspektasi pelanggan  dan kualitas produk,  dengan loyaitas konsumen .  Semakin  tingginya  nilai yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, artinya semakin erat pula hubungan antara ekspektasi pelanggan dan kualitas produk  memiliki hubungan yang erat dengan loyalitas konsumen  dengan nilai sebesar 65,0% dalam katagori hubungan yang kuat. Sedangkan nilai koefisien diterminasi   sebesar 42,3% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara  faktor ekspektasi pelanggan dan kualitas produk   dengan loyalitas konsumen. Pengaruh ekspektasi pelanggan dan kualitas produk  sebesar 42,3% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap loyalitas konsumen,  sedangkan selebihnya 57,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini. Uji F diperoleh F-hitung lebih besar dari   F-tabel.  Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho. Kata kunci: Ekspektasi pelanggan, kualitas produk dan Loyalitas konsumen

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekobismen Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur merupakan jurnal 6 (enam) bulanan yang menyajikan 5 (Lima) tulisan tentang Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, Jurnal Ekobismen bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian di bidang ekonomi, bisnis, manajemen, dan Akuntansi kepada ...