Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui dan menggambarkan secara deskriptif tentang Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama islam di Sekolah Dasar Kota Gorontalo. Dengan sub fokus penelitian yaitu pemantauan, penilaian, pembimbingan, dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan pencatatan data sekunder. Sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan, maka teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Kota Gorontalo belum efektif dilakukan. hal ini terlihat dari pemantauan belum maksimal, penilaian belum efektif, pembimbingan masih kurang, dan pelatihan masih kurang. Adapun hal-hal yang disarankan dalam penelitian ini yakni diharapkan kepada kementerian agama khususnya Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo memperhatikan kendala-kendala dalam Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam, karena tidak menutup kemungkinan kendala tersebut dapat menjadi penunjang dalam Pelaksanaan Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Kota Gorontalo.
Copyrights © 2023