MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari

Strategi Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Anak Dalam Tinjauan Filsafat Teknologi

Chaiirunissa (Unknown)
Dipta Afrilia Putri (Unknown)
Yusuf Tri Herlambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Artikel disusun untuk mengetahui strategi untuk menghadapi dampak negatif penggunaan smartphone pada anak dalam tinjauan filsafat teknologi. Dewasa ini penggunaan smartphone sudah tersebar di semua kalangan, baik itu orangtua, remaja, hingga anak-anak. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Tinjauan filsafat teknologi dipilih karena filsafat diartikan sebagai landasan berpikir manusia sebagai upaya mendalami ilmu pengetahuan. Sementara teknologi diartikan sebagai pengetahuan bagaimana membuat seuatu. Sehingga, diharapkan artikel ini dapat menjadi referensi dalam mengetahui strategi yang akan dilakukan untuk menghadapi dampak negatif penggunaan smarthphone pada anak yang ditinjau dari dari landasan berpikir atau filsafat teknologi. Pada kondisi nyata belum banyak orangtua yang menggunakan smartphone sebagai pendamping anak untuk bermain. Padahal terdapat dampak negatif yang akan muncul jika anak dibiarkan menggunakan smartphone tanpa pengawasan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau menghadaapi dampak negatif penggunaan smartphone. Diantaranya, orang tua harus bijaksana dalam pemberian smartphone kepada anak. Orang tua dapat mengarahkan anak untuk untuk bermain di lingkunngan sekitar dan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...