Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Control-Group. Penelitian dilakukan di SMK Darul Wustha Jerowaru pada siswa kelas X semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan sampel sebanyak 72 siswa. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan scaffolding, sementara kelas kontrol diajarkan dengan metode ceramah tanpa scaffolding. Data penguasaan konsep dianalisis menggunakan Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam pengetahuan awal dan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara siswa yang diajar dengan scaffolding (Fhitung = 14,028, p < 0,05), dengan efek pengaruh yang sangat kuat (η = 0,819). Kesimpulannya, rata-rata penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol.
Copyrights © 2024