Dampak dari sakit gigi dapat mengganggu pertumbuhann dan perkembangan anak, maka diperlukan perhatian pada gigi dan mulut di usia anak-anak. Berdasarkan hasil data awal oleh peneliti pada tanggal 8 Desember 2023, dari 10 murid didapatkan hasil pemeriksaan karies gigi dengan rata-rata 3,7 kategori sedang, sementara target pemerintah status karies gigi def-t atau DMF-T < 2. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media visual buku bergambar sogi (menggosok gigi) terhadap pengetahuan menggosok gigi pada murid di SDN 8 Peusangan Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain pretest and postest with nonequivalent control group design, pada desain ini penelitian dilaksanakan pada dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lameshow, dimana diperoleh sampel berjumlah 28 orang kelompok intervensi dan 28 orang kelompok kontrol. Analisis dengan menggunakan Uji-T berpasangan Paired-Sample T-Test dan di analisis dengan mengunakan uji T Test Independen. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh pada kelompok intervensi pretest dan posttest diberikan edukasi menggunakan media visual buku bergambar sogi terhadap pengetahuan menggosok gigi murid dengan p value p 0,002 < 0,05, dan terdapat pengaruh pada kelompok kontrol pretest dan posttest terhadap pengetahuan menggosok gigi murid p 0,006 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh pengetahuan menggosok gigi pretest dan posttest edukasi menggunakan media visual buku bergambar sogi (menggosok gigi) terhadap kelompok intervensi dan kontrol pada Murid di SDN 8 Peusangan Kabupaten Bireuen dengan p 0,003 < 0,05.
Copyrights © 2024