MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary
Vol. 2 No. 7 (2024): Juli

Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Persistensi Pada Anak Yang Berkunjung Ke Poli Gigi Puskesmas Juli 2 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen

Fadhra Juliana (Unknown)
Henny Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Untuk membantu anak-anak menjaga kebersihan gigi, ibu memegang peranan penting dalam membimbing, memahami, mengingatkan, dan memberikan fasilitas. Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan dari 10 anak yang berkunjung terdapat 7 anak mengalami persistensi gigi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan ibu dengan persistensi pada anak yang berkunjung ke Poli Gigi di Puskesmas Juli 2 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional, dilakukan di poli gigi Puskesmas Juli 2 Kecamatan Kabupaten Bireuen pada tanggal 16 Februari-21 Maret 2024. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 170 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu dengan pengetahuan baik dominan memiliki anak yang tidak memiliki persistensi gigi yaitu sebanyak 8 (53,3%). Sedangkan ibu dengan pengetahuan kurang baik dominan memiliki anak yang mengalami persistensi gigi yaitu sebanyak 21 (91,3%). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan persistensi pada anak yang berkunjung ke poli gigi Puskesmas Juli 2 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Disarankan kepada ibu untuk meningkatkan pengetahuan tentang persistensi gigi serta memperhatikan masa pergantian gigi anak untuk menghindari terjadinya persistensi gigi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...