ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri materi SPLTV dengan subjek penelitian sebanyak 52 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, dimana satu kelas menggunakan model pembelajaran PBL dan Kelas yang lainnya menggunakan model pembelajran CTL. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-efficacy. Analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Namun, terdapat perbedaan yang signifkan dalam tingkat peningkatan antara kedua model pembelajaran tersebut. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa di sekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024