Kajian ini bertujuan untuk menemukan kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam mempromosikan nilai-nilai kebinekaan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Sumber data primer yang digunakan adalah konsep pendidikan kewarganegaraan multikultural karya James A Banks dan kurikulum PPKn sekolah dasar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar mempromosikan nilai-nilai kebinekaan, seperti syukur, rukun, toleransi, dan tanggung jawab. Desain pembelajaran PPKn didasarkan pada pendekatan multikultural Banks, teori belajar konstruktivistik dan humanistik. Tantangan mendesain pembelajaran PPKn untuk mempromosikan nilai-nilai kebinekaan meliputi pemilihan materi kontekstual dan kekinian, merancang skenario pembelajaran, dan pemanfaatan media dan sumber belajar. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar dalam membentuk sikap siswa yang pro-kebinekaan. Rekomendasi: pengembangan kurikulum pendidikan kewarganegaraan yang inklusif, pelatihan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi kebinekaan, dan pemanfaatan media dan sumber belajar secara efektif.
Copyrights © 2024