JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 8, No 2 (2024): MEI (JIKAP PGSD)

Pengembangan Media Pembelajaran Mock-up Persia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD

Udin, Muchammad Nasir (Unknown)
Satrio, Satrio Wibowo (Unknown)
Galuh, Galuh Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Mock-up Persia dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPAS. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model ADDIE, media pengembangan divalidasi oleh 2 ahli media yaitu 1 dosen ahli media dan 1 ahli materi yaitu guru wali kelas. Pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, Pretest dan Posttest. Analisis validasi data dilakukan menggunakan skala likert sedangkan analisis data Pretest dan Posttest menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji N-gain. Hasil validasi media memperoleh data 94% dikatagorikan “sangat baik” dan hasil validasi materi mendapatkan skore 97,7% dikatakan media “sangat baik”. Hasil uji validitas instrumen mendapatkan nilai korelasi skor pada setiap pernyataan lebih dari 0,349 menunjukkan semua pernyataan valid, uji reliabilitas mendapatkan nilai reliabilitas Cronbach's Alpha adalah 0,702 menunjukkan semua pernyataan reliabel. Sedangkang hasil belajar mendapatkan skor 0,71 dikatagorikan “tinggi” yang menunjukkan hasil penelitian bahwa media Mock-up Persia sangat layak digunakan dan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPAS materi bagaimana kita hidup dan bertumbuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...