Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 8 No 1 (2024): April

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATRI BERBASIS ANDROID PADA MATERI BARISAN GEOMETRI JENJANG SMP

Lestary, Ratnah (Unknown)
Arista, Viona (Unknown)
Permatasari, Dinda (Unknown)
Wulandari, Rizki S. (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pada zaman teknologi saat ini, guru dituntut untuk mampu menyesuaikan dan memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon siswa serta pengajar mengenai hasil pengembangan produk media pembelajaran berbasis android pada materi barisan geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang kesehariannya sering menggunakan android serta para guru matematika pada jenjang SMP dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, dengan instrumen yang digunakan yaitu angket respon siswa dan respon guru yang menggunakan skala Likert. Data hasil respon siswa terhadap produk media pembelajaran BATRI ini memperoleh kriteria sangat layak dengan skor persentase keseluruhan sebesar 89,51% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil respon guru memperoleh skor persentase keseluruhan sebesar 84,15% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan, media yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi barisan geometri jenjang SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...