Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki untuk menghadapi abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes literasi matematis berbasis etnomatematika budaya Jawa Timur untuk siswa SD/MI pada fase B. Adapun metode pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Hasil uji validitas setiap butir soal menghasilkan nilai signifikansi soal nomer 1 yaitu 0,007<0,05, soal nomer 2 yaitu 0,005<0,05, soal nomer 3 yaitu 0,001<0,05, soal nomer 4 yaitu 0,002<0,05, dan soal nomer 5 yaitu 0,035<0,05. Lebih lanjut, uji reliabilitas menunjukan bahwa nilai cronbach alpha 0,684> 0,6. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan instrumen tes literasi matematis yang dikembangkan valid dan reliabel. Selain itu, uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwa 3 soal dari instrumen yang dikembangkan berkategori sedang, 1 soal berkategori mudah, dan 1 soal berkategori sulit. Dengan kata lain, instrumen yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai alat evaluasi kemampuan literasi matematis siswa SD/MI.
Copyrights © 2024