Informasi kepada masyarakat yang mengetahui tentang tersedianya fasilitias berupa akomodasi penginapan masih kurang, yakni homestay sebagai tempat menginap pada saat melakukan kunjungan wisata ke Kab. Bima. Selain itu masyarakat yang memiliki homestay juga belum memahami konsep dan standarisasi dari pengelolaan homestay itu sendiri. Selain persoalan terkait pemasaran dan pengelolaan homestay, Tim Observasi juga memperoleh informasi bahwa masyarakat yang berada di kawasan Desa Panda belum memahami konsep “waste management”, yakni masih terdapat sampah yang berserakan dan mengganggu pemandangan desa wisata. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bersifat pelatihan dialog-partisipatif yaitu mengajak masyarakat yang berada di Desa Wisata Kab. Bima untuk terlibat langsung dalam program sosialisasi dan pelatihan yang akan dilakukan. Tujuan utama yang dicapai dalam program pengabdian masyarakat ini adalah mengacu pada beberapa luaran; (1) optimalnya pengelolaan homestay di bidang housekeeping dan front office; (2) efektifnya kemampuan pengelola di dalam memasarkan homestay secara digital; (3) perubahan paradigma masyarakat akan arti pentingnya waste management di dalam mengelola desa wisata yang berkelanjutan; (4) dan meningkatnya hospitality pengelola desa wisata.
Copyrights © 2024