Jurnal Pengabdian Dharma Laksana
Vol. 6 No. 2 (2024)

Pendampingan Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Sumarni, Margaretha Lidya (Unknown)
Jewarut, Siprianus (Unknown)
Silvester, Silvester (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk dan memberikan ilmu baru dan menambah referensi dalam proses pembelajaran bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang. Pendampingan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan sharing pengalaman dengan lima kali pertemuan. Materi sajian berupa keterampilan 4C abad 21, yaitu: keterampilan berpikir kritis (critical thinking) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berpikir kreatif (creativity thinking) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berkolaborasi (collaboration) pada abad 21 dan implementasinya, keterampilan berkomunikasi (communication) pada abad 21 dan implementasinya, serta evaluasi dan sharing mengenaim kegiatan yang sudah berlangsung. Kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan ilmu baru bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang sehingga bisa diimplementasikan pada proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas, dapat meningkatkan pemahaman guru di Sekolah Dasar Negeri 13 Trans Rangkang mengenai keterampilan-keterampilan yang terdapat pada keterampilan 4C abad 21, serta busa menjadi alternatif lain bagi para guru untuk menerapkan proses pembelajaran yang terintegrasi (aspek sikap, pengetahuan, dan psikomotor) pada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdl

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang : Penelitian Bidang Energi, Penelitian Bidang Material Maju, Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penelitian Bidang Hukum dan Kebijakan Publik, Penelitian ...