Jurnal Pengabdian Dharma Laksana
Vol. 6 No. 2 (2024)

Strategi Pemasaran bagi UMKM Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor serta Pembuatan Izin Berusaha di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa

Leiwakabessy, D. Rudolf (Unknown)
Sigalingging, Andy Sahat (Unknown)
Sutrimono, Sutrimono (Unknown)
Haz, Musdalifah (Unknown)
Darlin, Darlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelompok Kerajinan Tas Tobek Kamor di Kampung Kamorfuar Distrik Samofa. Selain itu, kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang prosedur pembuatan izin berusaha di wilayah tersebut. bahwa UMKM di Kampung Kamorfuar menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran produk mereka, termasuk keterbatasan akses pasar, promosi yang kurang efektif, dan kurangnya pengetahuan tentang teknik pemasaran yang baik. Oleh karena itu, strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk mereka secara online, dengan mengunggah gambar produk, testimoni pelanggan, dan informasi kontak dan membangun kemitraan dengan pengecer lokal untuk meningkatkan distribusi produk mereka di pasar lokal. Kemudian diharapkan kedepan memberikan pelatihan kepada anggota kelompok tentang strategi pemasaran yang efektif, penggunaan media sosial, dan teknik penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dan memahami prosedur perizinan usaha, diharapkan UMKM di Kampung Kamorfuar kedepannya agar dapat meningkatkan pendapatan mereka dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdl

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang : Penelitian Bidang Energi, Penelitian Bidang Material Maju, Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penelitian Bidang Hukum dan Kebijakan Publik, Penelitian ...