Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 1 (2024): Peqguruang, Volume 6 Nomor 1 Mei 2024

Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided NOte Taking (GNT) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Mts DDI Pariangan

Assaibin, Muhammad (Unknown)
Ali P, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. DDI Pariangan. Penelitian dilaksanakan pada kelas VIII dengan jumlah siswa 26 siswa tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas sampel yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif (pre-test dan post-test) dimana pre-test diberikan sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil tes menunjukkan bahwa pembelajaran guided note taking memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. DDI Pariangan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen 80 dan pada kelas kontrol 68,57 sehingga nilai hasil belajar matematika siswa dalam kriteria tuntas atau mencapai KKM yang berlaku. Serta perolehan nilai R. Square yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guided note taking memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yakni sebesar 70%.

Copyrights © 2024