Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 5, No 2 (2023): Peqguruang, Volume 5 Nomor 2 November 2023

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Yunus, Nur hafsah (Unknown)
Andriani, Andriani (Unknown)
Masnur, Masnur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan model pembelajaran yang menjadi prioritas kurikulum tersebut yaitu model project based learning dan digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia.. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design yaitu kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan tertentu sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan seperti keadaan biasanya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 2 Polewali Mandar yang pengambilan sampel berdasarkan kemampuan awal peserta didik. Hasil penelitian diperoleh menggunakan SPSS versi 26 for windows, nilai rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 60,55 dan nilai rata-rata post-test adalah 71,82. Sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test yaitu 60,12 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,58 dengan persentase 83,1% yang mana mencapai tingkat ketuntasan di atas 80%. Hal ini menandakan penerapan model project based learning sangat efektif. Analisis statistik inferensial yaitu hipotesis H1 diterima berdasarkan hasil yang diperoleh thitung (2,801) > ttabel (2,015)  maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga kedua kelas tersebut memiliki keterampilan menulis yang berbeda berdasarkan perlakuan yang diterapkan.

Copyrights © 2023