Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 1 (2024): Peqguruang, Volume 6 Nomor 1 Mei 2024

ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMPN MAPILLI

Yunus MS, Nur Hafsah (Unknown)
Azis, Abdul (Unknown)
Andriani, Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif atau deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk mendeskrisikan kemampuan menulis peserta didik. Subjek pada penelitian ini sebanyak 22 peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, non tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII A SMPN Mapilli mendapatkan nilai rata-rata 82,09 dengan persentase 81,82%. Pada aspek struktur peserta dikategorikan sangat mampu dengen pesentase 54,54% pada kaidah kebahasaan, mampu dengan pesentase 72,72%, dan aspek kreatif atau mind mapping, mampu dengan pesesentase 36,37%. berdasarkan KKM siswa yang dikatakan mampu mendapat nilai 70 ke atas dan tidak mampu mendapat nilai 70 ke bawah.  

Copyrights © 2024