Penelitian ini, bertujuan untuk mendskripsikan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat (hikayat) pada buku teks Bahasa Indonesia. Penelitian ini, merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat yang mengandung nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks cerita rakyat (Hikayat) sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kemendikbud yang berjudul “Bahasa Indonesia” untuk kelas X SMA/MA/SMK/MAK.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang digunakan berupa kata dan frasa. Temuan bentuk kearifan lokal meliputi budaya, norma, etika, kepercayaan, adat istiadat, dan hokum adat. Sedangkan nilai pendidikan karakter meliputi religious, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks cerita rakyt (hikayat) yang terdapat dalam buku teks pembelajaran Bahas Indonesia kelas X lewat Hasil analisis nilai kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya mampu membentuk pesan positif kepada siswa. Penggunaan kata, susunan kata, pilihan kata sederhana sangat direkomendasikan untuk bacaan siswa. Dengan begitu siswa akan mudah memahami makna yang ingin disampaikan melalui cerita rakyat (Hikayat).
Copyrights © 2024