Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Peserta Didik pada materi transformasi geometri dengan menggunakan alat peraga PATROLI di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Tinambung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar Matematika pada siklus I sebesar 84%, siklus II diperoleh hasil belajar Matematika sebesar 93,94% dan pada lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh siklus I 77,44% dan siklus II diperoleh 91,45% sedangkan keterlaksanaan peneliti dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siklus I diperoleh 83,33% dan siklus II diperoleh 100%. Dilanjutkannya penelitian ke siklus II disebabkan pada siklus I aktivitas peserta didik pada beberapa aspek belum mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75% dan pada siklus II aktivitas peserta didik semua aspek sudah mencapai standar klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga PATROLI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Tinambung
Copyrights © 2024