Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 1 (2024): Peqguruang, Volume 6 Nomor 1 Mei 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII

Jufri, Sukma (Unknown)
Syah, Ahmad (Unknown)
Assaibin, Muhammad (Unknown)
Febriyanti, Febriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Observasi ini ialah observasi quasi eksperimen bermaksud buat memahami pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua (genap), dengan jumlah pertemuan adalah 3 kali diluar dari pemberian pre-test dan post-test. Mengenai komuntitas oleh observasi ini ialah segenap peserta didik kelas VII SMPN Satap Kunyi. Kemudian cuplikan oleh investigasi ini ini ialah strata VII A selaku tingkat percobaan serta strata VII B selaku kelas kontrol. Metode pengumpulan informasi oleh investigasi ini digunakan pada pemberian pre-test (tes awal), pemberian angket, lalu post-test (tes akhir), lembar observasi aktivitas pendidik,serta lembar observasi kegiatans anak didik. Infromasi yang sudah dikumpul dijabarkan dengan memanfaatkan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan pada umumnya angka keahlian hubungan matematika strata percobaan senilai 83,24 serta rata-rata efikasi diri peesrta didik senilai 65,6 sedang rata-rata angka pada strata kontrol 70,08 serta rata-rata self-efficacy senilai 57,66 pada hasil penjabaran statistik inferensial memanfaatkan uji t bahwa nilai t hitungnya 4.004 dan t tabelnya sebesar 2.048 dengan signifikansi  0.05 sehingga  ditolak dan  diterima. Berlandaskan hasil observasi bahwa tampak antagonisme yang signifikan jarak keahlian bungan matematika sertaself-efficacy peserta didik oleh strata VII A selaku kelas percobaan yang dibimbing memakai model pembelajaran problem based learning serta kelas VII B selaku kelas kontrol yang dibimbing tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Copyrights © 2024