Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

RESPONS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA BALI

Natih, Oka Lanang Jaya (Unknown)
Astuti, Ni Komang Widya (Unknown)
Kadek Rahayu Puspadewi (Unknown)
Atmaja, I Made Dharma (Unknown)
Noviyanti, Putu Ledyari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Numerasi dimaknai sebagai kemampuan untuk menggunakan matematika dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengertahui respons siswa dalam menyelesaikan soal numerasi berorientasi etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 31 siswa kelas VIIIB. Respons siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket dan lembar wawancara yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respons siswa setelah mengerjakan soal numerasi berorientasi etnomatematika sebesar 71% dan berada pada kategori baik. Siswa tertarik dan senang dengan adanya penggunaan konteks budaya pada soal, meskipun mereka belum mampu menyelesaikan soal dengan baik. Siswa belum terbiasa mengerjakan soal numerasi dan menganggap soal yang diberikan sulit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...