Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

The PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS X DI SMK PARIWISATA YAPPARINDO KLUNGKUNG: Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Desymitha Putri Dewi, Putu (Unknown)
Putri, Gusti Ayu Made Arna (Unknown)
Noviantari, Putu Suarniti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif untuk (1) mengetahui model pembelajaran kooperatif dalam meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMK Pariwisata Yapparindo Klungkung Tahun Ajaran 2023/2024, dan (2) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMK Pariwisata Yapparindo Klungkung Tahun Ajaran 2023/2024.Penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil dari penelitian ini minat dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada minat belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata sebesar 5,59%. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yakni sebesar 78,68%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I siswa memperoleh peroleh ketuntasan sebanyak 19 siswa dengan persentase 56%, Pada silkus II mengalami peningkatan yang sangat baik, siswa yang memperoleh ketuntasan sebanyak 34 siswa.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Mata Pelajaran Matematika, Minat dan Hasil Belajar Siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...