Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan etnomatematika Perahu Sandeq untuk Menumbuhkan Koneksi Matematis Siswa pada materi Bangun Datar dengan berdasarkan kriteria efektivitas pembelajaran, seperti pencapaian hasil belajar siswa, partisipasi siswa dalam aktivitas, pelaksanaan pembelajaran, dan tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonomulyo mengalami peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 63,00, kemudian meningkat menjadi 69,82 pada siklus I, dan 85,91 pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dari 76,31% pada siklus I menjadi 84,21% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas siswa mengalami peningkatan signifikan dari 53,13% pada siklus I menjadi 84,66% pada siklus II, berpindah dari kategori cukup menjadi sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui Perahu Sandeq juga sangat positif, mencapai 89,55%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika efektif diterapkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonomulyo.
Copyrights © 2024