Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 6, No 2 (2024): Peqguruang

Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Ishak, Suryadi (Unknown)
Dermawan, Dermawan (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian pembeajaran berdiferensiasi terhadap prestasi matematika siswa. Populasi penelitian ada seluruh siswa kelas Vll SMP Negeri 1 Wonomulyo, dengan sampel dari kelas VII A yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan belajar siswa, memasukkan aktivitas siswa, evaluasi keterlaksanaan pembeajaran, dan angket respon siswa. Data yang terkumpuI dianaIisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensiAI. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa rata-rata pretest ada 53,02 dan posttest ada 81,95. Aktivitas siswa mencatat persentase rata-rata 85,5%, sementara keterlaksanaan pembeajaran mendapat nilai 3,83 dari skala maksimum 4. Tanggapan positif siswa mencapai 75% dari angket respons. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari analisis deskriptif dan inferensi ini dapat disimpulkan bahwa pembeajaran berdiferensiasi efektif dan meningkatkan keterampilan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonomulyo.    

Copyrights © 2024