Sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk tumbuh dan berkembang selain lingkungan keluarga dan lingkungan bermainnya. Sehingga jangan sampai timbul dan muncul kekerasan yang dialami oleh ketika di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk: mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sekolah ramah anak di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan Manajemen Sekolah Ramah Anak dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi penyusunan administrasi SRA, program supervisi, perumusan penganggaran, perencanaan sarana prasarana, ketatausahaan dan evaluasi rencana.2) Pengorganisasian Manajemen Sekolah Ramah Anak dilakukan dengan prosedur pengorganisasian meliputi penempatan sumber daya sekolah ramah anak, perencanaan dan pengembangan organisasi, penugasan dan pendelegasian wewenang sekolah ramah anak. 3) Penggerakan Manajemen Sekolah Ramah Anak dilakukan oleh kepala sekolah meliputi pengarahan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. 4) Pengawasan Manajemen Sekolah Ramah Anak dilakukan oleh kepala sekolah meliputi instrument penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut. Simpulan Manajemen Sekolah Ramah Anak telah dilakukan melalui dua langkah kegiatan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Penulis menyarankan agar kepala sekolah diharapkan kepala sekolah lebih memperhatikan dalam hal penggerkan dan pengawasan. Guru diharuskan untuk selalu siap dalam pelaksanaan kegiatan. Kata Kunci: Sekolah Ramah Anak, Implementasi, Manajemen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023