Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh peran kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan; (2) untuk mengetahui adakah pengaruh iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan; (3) untuk mengetahui adakah pengaruh peran kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan Populasi dalam penelitian ini adalah 157 guru SMP Sekecamatan Susukan, dengan sampel sebanyak 113 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Untuk menganalisis data menggunakan program SPSS for Window Versi 26. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata - rata perolehan skor peran kepala sekolah 166,93 termasuk kategori cukup baik; rata-rata perolehan skor iklim sekolah 148,70 termasuk kategori baik; rata-rata perolehan skor disiplin kerja guru 101,18 termasuk kategori baik. Hasil uji prasyarat dari data penelitian diperoleh data berdistribusi normal, homogen, linier, tidak multikolinier, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Dari uji hipotesis ditemukan terdapat pengaruh positif peran kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 46,609 + 0,327X1; kekuatan korelasi sebesar 0,572 dengan kontribusi sebesar 0,327atau 32,7 %. Terdapat pengaruh positif iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 19,150+ 0,552 X2; kekuatan korelasi sebesar 0,775 dengan kontribusi sebesar 0,616 atau 61,6 %. Terdapat pengaruh positif peran kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama - sama terhadap disiplin kerja guru yang dinyatakan dengan persamaan Y = 14,393+ 0,089 X1 + 0,484X2; dengan kontribusi sebesar 0,609 atau 60,9 % Disiplin kerja guru Sekolah Menengah Pertama Sekecamatan Susukan di pengaruhi peran kepala sekolah dan iklim sekolah. Aspek hubungan antar personal dan perubahan dan perbaikan masih perlu ditingkatkan. Kepala sekolah harus melakukan upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Disiplin Kerja Guru
Copyrights © 2023