Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berupa kincir angin tenaga surya berbasis STEM materi sains sekolah dasar untuk mendukung Kurikulum 2013. Penelitian ini sebagai solusi dari permasalahan pendidik mengenai pembelajaran menggunakan media pada Kurikulum 2013 dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad 21. Diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan dan keterampilan STEM secara terpadu yang dapat diterapkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dasar kebutuhan pembelajaran menggunakan alat peraga berbasis STEM; 2) mengembangkan rancangan alat peraga sederhana berbasis STEM; 3) mendeskripsikan alat peraga sederhana bebasis STEM. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari hasil yang didapat beberapa jurnal dan review karya ilmiah skripsi yang relevan menunjukkan bahwa media pembelajaran energi alternatif berbasis kincir angin bertenaga surya dengan pendekatan STEM bisa membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024