Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Inti dan Imbas Se-Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal

Kustanti, Wiwik (Unknown)
Sudana, I Made (Unknown)
Soedjono, Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas,uji linieritas, uji heteroksidasitas, uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian 1) Supervisi Akademik (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) berdasarkan Fhitung dari supervisi akademik sebesar 496,065 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (496,065 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Kompetensi Guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) berdasarkan Fhitung dari kompetensi guru sebesar 446,139 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (446,139 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. 3) motivasi kerja guru (X3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) berdasarkan Fhitung dari motivasi kerja guru sebesar 334,654 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (334,654 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.. 4) berdasarkan Fhitung dari supervisi akademik, kompetensi guru dan motivasi kerja guru secara bersama-sama sebesar 337,995 sedangkan Ftabel sebesar 3,90 (337,995 > 3,90) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik, kompetensi guru dan motivasi kerja guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kata Kunci Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...