Jurnal Sastra Indonesia
Vol 13, No 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS

PERKEMBANGAN KOGNITIF TOKOH ANAK DALAM NOVEL “KADO TERBAIK” KAERYA J.S KHAIREN (KAJIAN PSIKOLOGI JEAN PIAGET)

Nensilianti, Nensilianti (Unknown)
Ridwan, Ridwan (Unknown)
Imran, Mirna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Potret perkembangan kognitif tokoh anak dalam Novel Kado Terbaik karya J.S Khairen (Kajian Psikologi Jean Piaget). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan yang didapatkan tokoh utama anak dalam Novel “Kado Terbaik” karya J.S Khairen dengan menggunakan tinjuan Psikologi Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Datanya berupa kutipan edisi pertama. Hasil penelitian ini diketahui adanya 4 aspek perkembangan kognitif pada tokoh utama anak dalam novel “Kado Terbaik” karya J.S Khairen yakni: 1. Tahap Sensimotor, 2. Tahap Pra-operasional, 3. Tahap operasional konkret, 4. Tahap operasional formal.Kata kunci: novel, psikologi kognitif, tahap perkembangan kognitif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...