Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas I-A SDN Srondol Wetan 05 terutama dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika yang menjadikan proses pembelajaran kurang optimal kemudian berdampak pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajarnya terutama dalam mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas I-A SDN Srondol Wetan 05 yang berjumlah 25 peserta didik. Langkah penelitian ini adalah dengan melakukan (1) perencanaan, (2) wawancara, (3) observasi, dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya peningkatan dalam hal kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan ditandai dengan tanggapan atau respon peserta didik terkait media pembelajaran Berparkir Ceria serta keaktifan peserta didik dalam bertanya dan menggali informasi terkait permasalahan dalam LKPD dengan menggunakan media pembelajaran Berparkir Ceria. Kemudian terlihat peningkatan hasil pembelajaran dengan ditandai dengan rata-rata nilai pretest yang didapatkan oleh siswa adalah 5,6 meningkat menjadi 8.72.
Copyrights © 2023